Minggu, Juli 14, 2024

Warga Botram di Alun-Alun Ciamis Usai Pawai Taaruf Tahun Baru Islam 1446H

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sejumlah umat Islam di Ciamis melakukan pawai taaruf dalam rangka memperingati Tahun Baru Islam 1 Muharram 1445H, Minggu (7/7/2024). Usia pawai taaruf, masyarakat kemudian botram atau makan bersama di Alun-alun Ciamis.

Masyarakat yang mengikuti pawai taaruf Tahun Baru Islam datang dari berbagai wilayah ke perkotaan. Peserta menggunakan kendaraan, baik sepeda motor maupun mobil.

Ada pun peserta pawai taaruf yang datang dari Kecamatan Panjalu, Panumbangan, Cikoneng, Cihaurbeuti, Sadananya, Baregbeg, Ciamis dan juga Cijeungjing. Usai pawai, mereka tidak pulang melainkan mengunjungi Alun-alun Ciamis lalu botram bersama rombongannya.

Maman Abdurahman peserta pawai taaruf rombongan dari Panumbangan mengatakan peringatan Tahun Baru Islam 1 Muharram kali ini sangat meriah seperti pada tahun sebelumnya.

Menurutnya, tahun lalu peserta lebih antusias karena ketika datang ke Ciamis kota yang menjadi tujuan peserta pawai bisa beriringan masuk ke Pendopo Ciamis dan disambut oleh Bupati.

“Alhamdulilah, peserta pawai yang saya pimpin kali ini mereka merasa cukup senang meski tidak ada penyambutan dari bupati. Kami sudah merencanakan untuk langsung botram di Alun-alun Ciamis,” ungkapnya.

Nanang, panitia pawai taaruf, asal Kecamatan Panjalu, mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk syiar Islam. Jumlah peserta pawai taaruf dari Panjalu sampai ratusan unit kendaraan.

“Peserta menggunakan mobil, truk, bak terbuka, odong-odong dan sepeda motor,” ucap Ustaz Nanang ketika memandu kegiatan.

Peserta Pawai Taaruf Membludak disela-sela acara tersebut, banyak warga yang langsung ke Alun-alun dan langsung botram. Kali ini tidak masuk ke Pendopo Ciamis.

“Waktu tahun lalu saya beserta rombongan pawai masih bisa masuk halaman Pendopo. Tapi mungkin untuk tahun ini bupatinya sudah habis masa jabatannya jadi tidak ada penyambutan, mudah-mudahan untuk tahun yang akan datang bisa dan lebih meriah lagi,” pungkasnya. (Andra/CN/Djavatoday)

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....

Pantauan Harga Minyak Goreng di Pasar Manis Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah melalui Kemendag akan menerapkan HET (harga eceran tertinggi) baru untuk minyak goreng Minyakita. Dari semula Rp 14 ribu menjadi Rp...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya