Minggu, Oktober 17, 2021

Tekan Angka Kelahiran DP2KBP3A Ciamis Gelar Pelayanan KB Gratis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam upaya tekan angka kelahiran, Dinas Pengendalian Penduduk, keluarga berencana, pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak (DP2KBP3A) Ciamis gelar pelayanan KB gratis MOW dan MOP (metode operasi wanita dan metode operasi pria), Rabu (9/6/2021).

Dalam pelaksanaannya, panitia melaksanakan protokol kesehatan ketat, peserta menjalani swab test terlebih dulu. Dalam kegiatan tersebut berhasil dilayani sebanyak 182 akseptor MOW dan 6 akseptor MOP.

Baca juga:

Kepala DP2KBP3A Ciamis Dian Budiyana mengatakan dengan kegiatan ini akan lebih banyak motivator untuk mensosialisikan MOW dan MOP.

“Jadi MOW dan MOP ini disebut metode kontrasepsi mantap (Kontap). Jadi harus benar-benar mantap baik lahir dan batin,” ucapnya.

Kegiatan ini merupakan rangkaian hari jadi Ciamis ke 379. Pihaknya mengucapkan terima kasih kepada RSDK, Dinkes, Camat dan Paguyuban dan pihak lainnya yang berpartisipasi.

Ketua PKK Kabupaten Ciamis, Kania Ernawati mengatakan kegiatan ini dalam upaya tekan angka kelahiran.

Respon masyarakat terhadap kegiatan ini sangat baik. Target di tahun 2021 ini adalah 250 MOW dan 10 MOP. Setiap tahunnya Ciamis selalu mencapai target.

“Masyarakat Ciamis sudah semakin paham pentingnya agar mencapai kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Kania mengajak kepada masyarakat yang belum ikut MOW dan MOP agar mengikutinya dan tidak takut. Pelayanan dilakukan oleh dokter profesional.

“Selain biayanya gratis juga ada stimulan biaya hidup tiga hari Rp 300 ribu setiap peserta,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU