Senin, Juli 15, 2024

Tata Kelola Data Statistik, Diskominfo Ciamis Ikuti Supervisi Priangan Timur

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Diskominfo Kabupaten Ciamis aktif mengikuti forum eksternal, salah satunya supervisi satu data tingkat kabupaten/kota di Jawa Barat.

Kegiatan tersebut berlangsung di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Selasa (25/6/2024).

Kegiatan itu dibuka oleh Sekretaris Diskominfo Kabupaten Garut, Agus Barjah. Dalam kesempatan tersebut mengatakan, data statistik itu sangat penting.

Terutama bagi pimpinan agar dapat membuat keputusan yang efektif. Menurutnya, Kabupaten Ciamis telah mengembangkan tata kelola data yang semakin baik.

“Portal data terbuka sebagai salah satu produk hilir tata kelola data selalu di kembangkan,” katanya.

Portal data terbuka Ciamis atau Sadata telah menyajikan tabulasi data berbagai sektor yang dilengkapi metadata dan analisis data.

“Fitur peta sebaran dapat digunakan untuk melihat sebaran data dengan efisien” ucapnya.

Portal Ciamis Sadata telah terintegrasi dengan open data Jabar dan Portal data Nasional. Hal ini merupakan hasil digital leadership yang efisien.

“Kemudian sinergi yang baik antar perangkat daerah, serta komunikasi yang baik dengan Pemerintah Provinsi dan Pusat,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Ciamis, Tino Armyanto mengatakan, terkait hal tersebut yang terpenting itu pemanfaatan datanya.

Karena, untuk mendapatkan data berkualitas itu butuh kepatuhan pada prosedur.

“Artinya, tata kelolanya harus sungguh-sungguh dan disiplin. Serta yang terpenting itu, data sudah ada dan berkualitas harus dimanfaatkan untuk pembangunan,” katanya.

Tino menambahkan, data-data BPS itu sifatnya makro sedangkan untuk pembangunan daerah dibutuhkan data mikro atau data yang rinci sampai by name by address.

Panwascam Panawangan Bentuk Forum Warga Ikut Awasi Pilkada Ciamis 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Panwascam Panawangan bentuk forum warga untuk ikut mengawasi pelaksanaan Pilkada Ciamis 2024. Peran masyarakat untuk mencegah pelanggaran sangat penting demi kelancaran...

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya