Senin, Juli 15, 2024

Status Desa Mandiri Meningkat, Pj Bupati Ciamis: Saya Bangga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Indeks Desa Membangun (IDM) Pemerintah Kabupaten Ciamis pada tahun 2024 Kategori Desa Mandiri meningkat dari tahun sebelumnya.

Status Desa Mandiri di Kabupaten Ciamis pada tahun 2023 berjumlah 178 desa, dan pada tahun 2024 ini menjadi 210 Desa Mandiri.

Hal tersebut diumumkan dalam acara Deklarasi IDM Pemkab Ciamis Tahun 2024 yang berlangsung di Gedung KH. Irfan Hielmy Ciamis, Rabu (26/6/2024).

Pj. Bupati Ciamis Engkus sutisna mengungkapkan, rasa bangga atas capaian perkembangan status Desa di Kabupaten Ciamis yang meningkat dari tahun ketahun.

“Sehingga dengan bangga saya mengatakan bahwa kenaikan IDM pada tahun ini, menjadi salah satu kado terindah bagi hari jadi Ciamis yang ke 382,” katanya.

Adapun beberapa poin penjabaran mengenai capaian perkembangan status Desa di Kabupaten Ciamis. Status Desa Mandiri Ciamis tahun 2024 sebanyak 210 desa.

Angka tersebut mengalami kenaikan sebanyak 32 desa berbanding dengan capaian tahun 2023 Desa Mandiri sebanyak 178 Desa.

Kemudian status Desa Maju tahun 2024 sebanyak 48 Desa. Mengalami penurunan sebanyak 25 Desa bandingkan dengan capaian tahun 2023 Desa maju sebanyak 73 Desa.

Status Desa berkembang tahun 2024 sebanyak 0 Desa, mengalami penurunan sebanyak 7 Desa dibandingkan dengan capaian status Tahun 2023 Desa berkembang sebanyak 7 Desa.

Selanjutnya Kecamatan mandiri sebanyak 23 meningkat sebanyak 6 kecamatan di tahun 2024 bandingkan tahun 2023 yakni 17 kecamatan.

Penurunan status Desa maju dan berkembang tahun 2024 bandingkan dengan tahun 2023sebabkan karena Desa tersebut mengalami perubahan kenaikan status desa.

Desa maju menjadi Desa Mandiri dan Desa berkembang menjadi Desa Maju, dan perolehan score IDM Kabupaten Ciamis yaitu 0,8567.

Desa Mandiri Meningkat, Pj Bupati Ciamis Sampaikan Terimakasih

Menanggapi hal tersebut Pj. Bupati Ciamis kembali menyampaikan rasa syukurnya dan ucapan terimakasih kepada semua pihak terkait.

“Saya mengucapakan terimakasih atas raihan ini semua berkat dari kerja keras kepala desa beserta jajarannya, camat, OPD se-Kabupaten Ciamis,” katanya.

Engkus berharap kepada seluruh pihak terkait agar bahu membahu lagi dalam membangun Desa menuju kemandirian secara menyeluruh.

“Saya berharap kepada Pemerintah Pusat, Propinsi, OPD Ciamis serta seluruh elemen/perangkat Daerah dapat terus membantu dan bekerja sama dalam membangun Desa,” pungkasnya. (Ayu/AA/Djavatoday.com)

Panwascam Panawangan Bentuk Forum Warga Ikut Awasi Pilkada Ciamis 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Panwascam Panawangan bentuk forum warga untuk ikut mengawasi pelaksanaan Pilkada Ciamis 2024. Peran masyarakat untuk mencegah pelanggaran sangat penting demi kelancaran...

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya