Minggu, Juli 14, 2024

SMKN 1 Ciamis Gelar Matacakap Virtual saat Pandemi Covid-19

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- SMKN 1 Ciamis menggelar kegiatan Matacakap (masa ta’aruf calon anggota keluarga ambalan) selama dua hari secara virtual. mengingat saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19.

Kepala SMKN 1 Ciamis Undang Tatang Hidayat mengatakan kegiatan Matacakap ini perlu dilakukan. Sehingga dalam kondisi pandemi ini tetap digelar secara daring dan menerapkan protokol kesehatan.

“Dalam Matacakap ini kita fokus terhadap kewirausahaan dan kedisiplinan berlalu lintas. Harapannya siswa paham kegiatan di ambalan. Sekaligus juga menumbuhkan jiwa kepemimpinan sebagai generasi penerus,” ujar Undang, Jumat (6/8/2021).

Dalam kegiatan gerakan Pramuka ke depan, SMKN 1 Ciamis juga akan mencoba menerapkan pertanian yang diinisiasi Kwarcab Ciamis. Pihaknya akan memadukan sistem managemen pertanian, ekonomi dengan teknologi.

“Kami juga akan menjadi pilot projek sekolah menanam padi dengan polibag,” katanya.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Ciamis Nanang Permana membuka secara langsung kegiatan Matacakap. Dalam kesempatan ini ia pun menceritakan sejarah Matacakap dan pentingnya kegiatan tersebut dalam Pramuka.

Dalam kesempatan ini juga, Nanang mengajak kepada para siswa untuk mulai bertani dengan gerakan menanam padi di polibag. Saat ini banyak generasi penerus yang tidak mengetahui caranya menanam padi.

“Siapa bilang bertani itu harus kotor. Dengan menanam padi di polibag itu kita tidak perlu kotor. Orang Sunda itu dulu menanam padi itu di darat atau Huma. Tidak butuh bendungan, traktor dan lainnya, sehingga lebih efisien,” jelasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....

Pantauan Harga Minyak Goreng di Pasar Manis Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah melalui Kemendag akan menerapkan HET (harga eceran tertinggi) baru untuk minyak goreng Minyakita. Dari semula Rp 14 ribu menjadi Rp...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya