Minggu, Juli 14, 2024

Rumah Milik Warga Maleber Ciamis Ini Ambruk, Diduga Karena Sudah Lapuk

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Rumah milik Aip Arifin warga Kelurahan Maleber, Kecamatan Ciamis, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat ambruk pada Sabtu (6/7/2024) lalu.

Beruntung dalam musibah tersebut tidak menyebabkan korban jiwa maupun luka, pasalnya pemilik rumah sedang berada di luar.

Ambruknya rumah tersebut, karena hujan deras dan juga kontruksi rumah juga sudah lapuk karena usia, sehingga mudah ambruk.

Aip Arifin pemilik rumah menyebut, sebelumnya rumahnya juga sempat ada retakan di bagian atap karena gempa bumi pada bulan April 2024 lalu.

Kemudian, pada Jumat tanggal 5 Juli 2024 malam itu hujan deras. Sehingga kontruksi rumahnya tidak bisa menahan beban lalu ambruk.

“Ambruknya itu hari Sabtu (6/7/2024) sekitar pukul 10.00 WIB, tidak ada korban, karena kami sedang berada diluar,” katanya, Senin (8/7/2024).

Aip mengaku memang kontruksi rumahnya sudah lapuk, pasalnya ia yang sehari-hari mencari barang bekas untuk dijual itu belum bisa merenovasi rumah tersebut.

“Iya rumahnya sudah lama, sehingga kayu-kayunya juga sudah mulai lapuk termakan usia,” ucapnya.

Aip mengatakan, kalau dirinya sudah melaporkan kejadian tersebut kepada RT setempat dan juga pihak Kelurahan Maleber.

“Lapor ke RT sudah dan kelurahan juga sudah, dengan harap adanya bantuan untuk kami,” katanya.

Aip mengungkapkan, kalau ia bersama dengan istri dan anaknya itu tidak mengungsi. Pasalnya, masih ada ruangan belakang rumah yang masih bisa untuk ia tinggali.

Meskipun, kondisinya sama yakni lapuk dan rawan akan ambruk. Tapi, mudah-mudahan saja tidak terjadi hal yang tidak diinginkan.

“Masih ada ruangan kosong, kami tempati saat ini. Mudah-mudahan saja tidak ambruk,” ucapnya.

Aip menambahkan, atas musibah tersebut, sudah ada dari BPBD Ciamis yang telah datang ke rumahnya untuk melihat kondisi rumah dan memberikan sembako dan bantuan.

“Alhamdulilah, terimakasih kepada BPBD Ciamis karena gerak cepat, kami diberi bantuan sembako dan selimut serta terpal,” pungkasnya. (AA/Djavatoday.com)

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....

Pantauan Harga Minyak Goreng di Pasar Manis Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah melalui Kemendag akan menerapkan HET (harga eceran tertinggi) baru untuk minyak goreng Minyakita. Dari semula Rp 14 ribu menjadi Rp...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya