spot_img
Jumat, Mei 27, 2022
spot_img

PKK Ciamis Ajak Lansia Tetap Produktif

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- TP PKK Ciamis menggelar Pertemuan Koordinasi Program Lansia di Cafe Selaras Cikoneng, Ciamis, Kamis (13/1/2022). Dalam kesempatan ini PKK Ciamis ajak para lansia untuk tetap produktif.

Hadir dalam kegiatan ini Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Ciamis Kania Ernawati Herdiat. Wakil Ketua I Hernaningsih Wasdi dan Wakil Ketua IV Rita Yoyo.

- Advertisement -

Peserta dalam kegiatan ini, ketua tim penggerak PKK Kecamatan. Lembaga Lansia Indonesia Ciamis dan Pengelola Program Lansia Puskesmas se-Kabupaten Ciamis.

Ketua TP PKK Ciamis Kania ajak para lansia tetap sehat dan produktif. Lansia bisa memanfaatkan pelayanan kesehatan baik fisik maupun mental. Untuk itu perlu adanya kemandirian dan motivasi untuk memeriksakan kesehatannya secara rutin.

“Peran petugas kesehatan dan keluarga untuk membantu dalam membina para lansia. Selain itu lansia yang sehat harus diberdayakan agar dapat tetap sehat dan mandiri selama mungkin,” ungkapnya.

Upaya untuk memberdayakan Lansia melalui pembentukan dan pembinaan Kelompok Lansia. Melalui Kelompok ini, Lansia dapat melakukan kegiatan agar mereka tetap aktif.

“Berperan sebagai kader di Kelompok Lansia. Melakukan senam Lansia, memasak bersama, termasuk membuat kerajinan tangan. Selain berperan sebagai penyaluran hobi juga dapat meningkatkan pendapatan keluarga,” katanya.

Sementara, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat dr Eni Rochaeni menyampaikan bahwa semakin bertambah usia, makin besar mengalami permasalahan. Kemungkinan seseorang mengalami permasalahan fisik, jiwa, spiritual, ekonomi dan sosial.

Salah satu masalah adalah kesehatan akibat proses degeneratif antara lain hipertensi, osteoarthritis, masalah gigi dan mulut, penyakit paru obstruktif kronik (PPOK) dan diabetes mellitus (DM).

Emon, Ketua LLI Kabupaten Ciamis menyampaikan bahwa sampai Oktober 2021 jumlah lansia Kabupaten Ciamis sebanyak 243.427 jiwa. Perlu perhatian pemerintah terkait untuk memperhatikan lansia agar tetap sehat dan produktif sehingga beban lansia maupun beban pemerintah tidak berat.

‚ÄúPara Lansia kita harapkan menjadi Lansia yang sehat, aktif dan produktif. Jangan sampai menjadi beban untuk keluarganya. Caranya mengatur pola hidup, menjaga kesehatan, mempersiapkan jauh sebelum kita menjadi Lansia,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Tim Gabungan Sidak Pasar Ciamis Cek Persediaan Minyak Goreng

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Tim gabungan terdiri dari Polres Ciamis dan Kodim 0613 Ciamis menggelar sidak cek persediaan minyak goreng ke pasar, Jumat (27/5/2022), Pertama tim...

Pesan Bupati Ciamis untuk PGRI: Ciptakan Generasi Emas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meminta PGRI sebagai organisasi yang menaungi para guru untuk bisa ciptakan generasi emas, pandai dan cerdas. Hal...

Jurus DPRKPLH Ciamis Bidik Penghargaan Adipura Kencana

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemkab Ciamis melalui Dinas Perumahan rakyat, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) Ciamis siap menyambut penilaian penghargaan Adipura Kencana. Bahkan sudah...

Aturan Nama di Dokumen Kependudukan, Ini Penjelasan Disdukcapil Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mendagri Tito Karnavian menandatangani Permendagri Nomor 73 Tahun 2022 tentang Pencatatan Nama di Dokumen Kependudukan, 21 April lalu. Dalam aturan ini...
spot_img

Terpopuler

Lainnya