Senin, Juli 15, 2024

Peternak Sapi di Ciamis Sebut Ada Penurunan Pembeli

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang hari raya idul adha, seorang peternak sapi di Ciamis, H. Tojir sebut ada penurunan dalam penjualan sapi untuk jadi hewan kurban.

“Untuk tahun ini, sampai saat ini masih menurun. Karena mungkin dari faktor perekonomian dan juga dari sisi harga sapi,” katanya, Jumat (7/6/2024).

Menurutnya, penurunannya sampai 30 persen dari tahun sebelumnya. Kalau tahun sebelumnya itu bisa sampai 90-80 persen. Sekarang 60 ekor juga masih ada yang belum laku.

“Kalau pemasaran kebanyakan untuk wilayah Kabupaten Ciamis, paling dari luar hanya di Tasikmalaya, Banjar dan Pangandaran,” tuturnya.

Tojir peternak sapi yang mempunyai kandang Ginjal Ganjil Farm Family di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis menyebut, kalau dari sisi harga ia menyiapkan sesuai budget.

“Jadi kita siapkan sesuai yang minat kurban, misalnya kalau yang siap kurban ada budget Rp 15 juta, kita pasti sediaan. Kalau yang mahal Rp 35 juta kebawah,” ucapnya.

Tojir mengungkapkan, bahwa dalam proses penjualan kepada konsumen itu tidak ada pungutan lagi untuk pengantarannya.

“Kalau ada yang pesan dan titip disini dan diambil hari pelaksanaanya. Kita jamin pakannya, kesehatannya, tidak ada pungutan biaya lagi,” ungkapnya.

Tojir menegaskan, sapi-sapi yang ada di kandangnya itu sudah ada sertifikat kesehatan dari Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis. Jadi sudah terjamin.

“Setiap tahun selalu ada pemeriksaan hewan, alhamdulilah di kandang kami sapinya sehat, dari usia juga sudah layak, dan jenisnya sesuai kelas yang mencari,” pungkasnya. (Ayu/AA/Djavatoday.com)

Panwascam Panawangan Bentuk Forum Warga Ikut Awasi Pilkada Ciamis 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Panwascam Panawangan bentuk forum warga untuk ikut mengawasi pelaksanaan Pilkada Ciamis 2024. Peran masyarakat untuk mencegah pelanggaran sangat penting demi kelancaran...

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya