spot_img
Rabu, Juni 29, 2022
spot_img

Pesan Bupati Ciamis untuk PGRI: Ciptakan Generasi Emas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meminta PGRI sebagai organisasi yang menaungi para guru untuk bisa ciptakan generasi emas, pandai dan cerdas. Hal itu Bupati sampaikan saat menghadiri Halal Bil Halal PGRI di Aula Stikes Muhammadiyah Ciamis, Rabu (25/5/2022).

“Guru merupakan profesi yang mulia dengan tugas berat menciptakan generasi emas yang cerdas dan pandai. Meskipun SDM saat ini terbatas,” ujar Herdiat.

Bupati menuturkan kondisi guru Ciamis saat ini secara kuantitatif sangat kurang. Mengingat setiap tahun arus guru yang pensiun cukup banyak. Sementara rekrutmen untuk guru sangat kurang sejak tahun 2010 lalu.

“Kondisinya sekarang rekrutmen untuk ASN guru sangat kurang sejak 2010. Tahun 2019 baru kembali ada rekrutmen dan jumlahnya juga sedikit. Sementara yang pensiun jumlahnya setiap tahun sangat banyak,” jelas Herdiat.

Bupati pun bersyukur dengan adanya tenaga sukarelawan yang dapat mengatasi kekurangan guru tersebut. Sehingga bisa terus berjuang untuk ciptakan generasi emas. Mereka rela mengabdi meski honorarium mereka masih jauh dari kata layak secara finansial.

“Kami ucapkan terima kasih untuk para guru sukarelawan atas dedikasi dan pengabdiannya,” Ujar Bupati.

Pemkab Ciamis pun telah berupaya untuk mengantisipasi kekurangan guru itu. Salah satunya dengan mengusulkan 2.900 guru ke Kemenpan RB melalui jalur P3K, atau pegawai dengan perjanjian kerja.

“Kami mediasi pemerintah pusat supaya para tenaga sukarelawan guru mendapat sedikit pengakuan. Mereka telah mengabdi hingga puluhan tahun. Namun regulasi dari Panselnas dan Kemenpan RB belum sepenuhnya sesuai dengan harapan,” ungkapnya.

Bupati berharap silaturahmi ini menjadi pemersatu antara kalangan pendidik dan para guru di Ciamis. Sehingga tujuan untuk ciptakan generasi emas dapat tercapai.

Sementara itu, Ketua PGRI Ciamis Asep Saeful Rahmat mengatakan halal bihalal ini untuk memupuk jalinan kebersamaan. Harapannya bisa memotivasi para pendidik guna meningkatkan profesionalitas.

“Semoga guru bisa lebih profesional lagi, menjalin kebersamaan agar tujuan kita dalam meningkatkan pendidikan Ciamis bisa tercapai,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Penutupan Perlintasan KA Jalan Benteng Ciamis Ditunda

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Penutupan perlintasan kereta api tanpa palang pintu di Jalan Benteng Ciamis ditunda. Mengingat jalan tersebut merupakan akses alternatif yang biasa digunakan...

Beli Minyak Goreng Curah Pakai Pedulilindungi, Ini Kata Pedagang Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah wajibkan pembeli Minyak Goreng Curah Rakyat (MGCR) menggunakan aplikasi Pedulilindungi. Menurut Pedagang Pasar Manis Ciamis menilai aturan itu hanya akan...

Bank Sampah Ciamis Jadi Tempat Studi Tiru Daerah Lain

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bank Sampah Ciamis menjadi tempat studi tiru daerah lain. Sejumlah daerah telah mempelajari tata kelola persampahan Ciamis. Salah satunya adalah Kabupaten...

Kejuaraan Tenis Meja, Bupati Ciamis: Ajang Cetak Atlet Berkualitas

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya membuka kejuaraan tenis meja antara instansi Pemkab Ciamis dalam rangka hari jadi Ke-380. Kegiatan tersebut digelar di...
- Advertisment -spot_img

Terpopuler

Lainnya