Senin, Juli 15, 2024

Ngarak Pataka Akan Kembali Digelar di Hari Jadi Ciamis ke 382

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ngarak Pataka akan kembali digelar dalam memperingati hari jadi Kabupaten Ciamis ke 382 tahun 2024. Tapi hanya akan berlangsung di pusat kota.

Kegiatan Ngarak Pataka memang rutin diselenggarakan setiap tahunnya dalam rangka memperingati hari jadi Ciamis.

Sudah dua tahun berturut-turut, Ngarak Pataka berlangsung di 5 eks kewedanaan. Namun, untuk tahun ini pelaksanaanya hanya di Kota Ciamis saja.

Kepala Dinas Pariwisata Ciamis, Budi Kurnia mengatakan, kegiatan Ngarak Pataka akan tetap ada. Namun hanya di Kota Ciamis saja, jadi dari Pendopo Bupati Ciamis ke DPRD.

“Tetap ada pastinya, namun tahun ini hanya di kota saja. Jadi dari Pendopo lalu kita arak ke DPRD Ciamis, kemudian rapat paripurna,” katanya, Kamis (6/6/2024).

Budi menjelaskan, adapun alasan tidak adanya arak-arakan Pataka di 5 titik eks kewedanaan, itu karena tahun ini sudah menjelang Pilkada 2024 di Ciamis.

“Jadi intinya kita menjaga kondusifitas, maka dari itu kita sederhanakan rangkaian kegiatan pada hari jadi Ciamis ke 382 tahun 2024 ini,” jelasnya.

Menurutnya, selain Ngarak Pataka untuk acara pokok hari jadi Ciamis yang sudah berlangsung setiap tahunnya itu, tetap akan ada. Seperti ziarah, upacara hari jadi dan juga rapat paripurna.

“Kalau acara pokok itu masih tetap ada, ziarah ke makam-makam mantan Bupati Ciamis, lalu upacara hari jadi, kemudian rapat paripurna,” tuturnya.

Adapun dalam memeriahkan hari jadi Ciamis ke 382 tahun 2025 ini, nantinya akan ada beberapa acara rangkaian. Namun itu juga berlangsung di pusat kota saja.

“Iya setalah acara pokok nanti juga ada beberapa acara rangkaian yang akan memeriahkan hari jadi Ciamis,” pungkasnya. (Ayu/AA/Djavatoday.com)

Panwascam Panawangan Bentuk Forum Warga Ikut Awasi Pilkada Ciamis 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Panwascam Panawangan bentuk forum warga untuk ikut mengawasi pelaksanaan Pilkada Ciamis 2024. Peran masyarakat untuk mencegah pelanggaran sangat penting demi kelancaran...

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya