Iklan bjb djavatoday
Sabtu, Desember 4, 2021
spot_imgspot_img

Melihat Proses Pembuatan Galendo Makanan Khas Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Galendo adalah makanan khas Ciamis, Jawa Barat yang bahan dasarnya adalah kelapa. Rasanya manis dan gurih membuat Galendo bisa menjadi camilan atau campuran bahan makanan.

Bagi yang belum tahu proses pembuatannya, berikut langkah-langkahnya. Salah satu perajin Galendo yang memproduksinya adalah Nana warga Kelurahan Cigembor, Kecamatan Ciamis. UMKM bernama Moro-moro Galendo Asli ini telah bertahan selama 27 tahun.

Baca juga:

Awalnya, mengupas kelapa sebagai bahan dasarnya. Kemudian memarutnya menggunakan mesin parut. Selanjutnya mengambil saripati kelapanya dengan cara menyaringnya yang masih mengunakan mesin yang sama. Lalu mengendapkan saripati kelapa tersebut dalam beberapa waktu tertentu.

Proses pembuatan Galendo makanan khas Ciamis membutuhkan waktu minimal 4 jam. Selanjutnya memasaknya menggunakan wajan berukuran besar sambil diaduk-diaduk.

Setelah berwarna kuning dan terlihat minyak dan ampas terpisah baru diangkat dan ditiriskan. Selanjutnya menyaringnya menggunakan ‘aseupan’ dan ember sebagai penampungnya.

Tahap akhir pembuatan Galendo makanan khas Ciamis ini adalah mengeringkan galendo menggunakan alat press. Setelah terpisah dengan minyak dan kering, perajin siap mengemas galendo pada wadah sesuai ukuran jualan. Harganya dari mulai Rp 10 ribu sampai Rp 40 ribu. Harga galendo sendiri Rp 80 ribu per kilogram.

Nana sudah memproduksi galendo sejak tahun 95 atau 27 tahun lalu. Ia sebelumnya hanya bekerja pada pabrik Galendo. Namun keinginannya mandiri lalu ia memproduksi sendiri.

“Sehari memproduksi 8 kilo galendo dari 200 butir kelapa. Pelanggan Alhamdulillah sudah ada, datang sendiri seperti dari Bandung. Biasanya untuk oleh-oleh,” katanya. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU