spot_img
Rabu, November 30, 2022
spot_img

Melihat Kursi Batu Giok Peninggalan Kerajaan Panjalu Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com) – Kursi dari Batu Giok yang dipercaya sebagai peninggalan Kerajaan Panjalu, Kabupaten Ciamis ini konon memiliki kekuatan magis.

Batu tersebut saat ini berada di salah satu Pengurus Yayasan Borosngora Panjalu. Kursi tersebut juga memiliki tulisan Arab dan tahun 804 Hijriah.

Kursi tersebut berwarna hijau muda, pada bagian belakang kursi terdapat tulisan Arab, dan juga ada pula gambar seperti Kujang.

R Erly Risandy, salah satu Pengurus Yayasan Borosngora Panjalu menjelaskan, kursi ini ada simbol-simbol Panjalu. Seperti halnya dua ekor Harimau, Naga dan juga ada Kujang.

“Jadi selain kursi dari batu Giok, ada juga 55 batu giok yang mempunyai simbol yang sama,” jelasnya, Senin (3/10/2022).

Menurutnya, kursi batu Giok itu datang sendiri kepada pengurus Yayasan Borosngora. Konon yang mengantarkan kursi tersebut mahluk yang tak kasat mata.

Erly menuturkan, berdasarkan penuturan, pada 16 tahun yang lalu saat tengah malam ada segerombolan orang yang mengantarkan kursi tersebut dengan berpakaian prajurit dulu.

“Setelah itu, kursi batu yang terbuat dari Giok tersebut menyimpannya ke depan rumah. Lalu kemudian, setelah menyimpan kursi itu yang mengantarkannya langsung tidak ada,” tuturnya.

Pada esok harinya, kursi tersebut setelah dilihat ternyata ada tulisan arab dan juga beberapa gambar. Untuk tulisannya seperti 804 Hijriyah atau 1400 Masehi.

“Jadi saya menyimpulkan, bahwa kursi ini adalah peninggalan pada masa Kerajaan Panjalu,” katanya.

Erly menyebut bahwa kursi itu konon memiliki kekuatan magis. Pasalnya, setelah adanya kursi Giok ini muncul hal-hal yang tidak masuk di akal.

“Hanya Alloh yang tahu, karena saya bercerita memang tidak masuk akal,” ucapnya.

Dengan adanya kursi ini, Erly berharap kepada semua masyarakat khususnya generasi muda agar tetap merawat dan melestarikan semua peninggalan sejarah.

“Saya mengajak kepada semua masyarakat untuk sama-sama ikut melestarikan peninggalan sejarah,” pungkasnya.(AA/AA/Djavatoday.com)

Bupati Herdiat Sunarya Jadi Dewan Pembina KTNA Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya membuka secara resmi acara Mimbar Sarasehan Kelompok Tani Nelayan Andalan (KTNA). Kegiatan digelar di Aula di Dinas...

Buka Mimbar Sarasehan KTNA, Bupati Ciamis: Petani Tetap Optimis

Berita Ciamis (Djavatoday.com) - Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya membuka kegiatan mimbar sarasehan Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) tingkat Kabupaten Ciamis. Kegiatan tersebut berlangsung di Aula...

Penyaluran Bansos di Ciamis, Warga Penerima Manfaat Senang Dapat Tunai

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Warga penerima manfaat Bantuan Sosial (Bansos) dari Kementerian Sosial (Kemensos) RI, tampak merasa senang saat menerima penyaluran Bansos tahap akhir tahun...

Peringati HUT Korpri, Bupati Ciamis Berikan Apresiasi kepada 378 Purna Bakti

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam rangka memperingati HUT Korpri ke-51, Bupati Ciamis Herdiat Sunarya berikan apresiasi kepada 378 Purna Bakti. Apresiasi itu diberikan setelah Upacara...
- Advertisment -Advertisment

Terpopuler

Lainnya