Minggu, Juli 14, 2024

KPU Ciamis Sebut Progres Coklit Sudah Diatas Target

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Kadiv Perencanaan data dan Informasi KPU Kabupaten Ciamis, Tohirin menyebut progres Coklit sampai tanggal 10 Juli 2024 sudah 94,86 persen.

“Sekarang sudah 2 Minggu lebih melaksanakan Coklit. Per hari ini progres Coklit di Kabupaten Ciamis sudah 94,86 persen,” katanya.

Hal tersebut ia sampaikan saat mengunjungi rumah Bupati Ciamis periode sebelumnya, Herdiat Sunarya untuk melakukan Pencocokan dan Penelitian (Coklit), Rabu (10/7/2024).

Menurutnya, Coklit itu dilaksanakan dari tanggal 24 Juni 2024 sampai 25 Juli 2025. Meskipun tenggang waktu masih jauh, tapi progres pencapaian Coklit sudah diatas target yang diamanatkan Provinsi Jawa Barat.

“DP4 jadi acuan, karena yang di Coklit itu DP4 yaitu sebanyak 961.678,” katanya.

Tohirin berpesan kepada masyarakat, kalau Coklit itu salah satu upaya untuk pemuktahiran data pemilih tujuan pokok untuk melindungi hak konstitusional warga.

Maka dari itu, lanjut dia manfaatkan coklit itu. Karena bisa terlindungi yang pada waktunya nanti bisa dimanfaatkan betul-betul.

“Waktu masih banyak jadi digunakan petugas Pentarlih untuk koreksi sehingga semuanya betul-betul tercoklit dan betul-betul tidak ada yang tersisa,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu petugas Pentarlih di Kelurahan Ciamis, Indri Novianti mengaku bangga menjadi bagian dalam petugas Coklit untuk kebutuhan Pilkada ini.

“Perasaannya degdegan dan grogi, tapi bangga juga. Ini baru pertama kalinya saya. Karena, tepat di bagian saya ternyata ada bakal calon Bupati Ciamis apalagi sebelumnya menjadi Bupati,” katanya.

Menurutnya, untuk persiapannya biasa saja. Pertanyaan-pertanyaan seperti biasa, kemudian dijawab dan sangat kooperatif.

“Beberapa warga memang sudah saya temui, orangnya tidak ada terus mungkin kerja atau kesibukan lainnya,” tuturnya.

“Sudah harus beberapa balik. Ada perwakilannya tapi tidak mau tanda tangan. Mungkin takut apa-apa, cuma setelah saya kasih tahu akhirnya berhasil,” pungkasnya. (Ayu/AA/Djavatoday.com)

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....

Pantauan Harga Minyak Goreng di Pasar Manis Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah melalui Kemendag akan menerapkan HET (harga eceran tertinggi) baru untuk minyak goreng Minyakita. Dari semula Rp 14 ribu menjadi Rp...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya