Minggu, Juli 14, 2024

Jelang Idul Adha, Pedagang Kulit Ketupat di Ciamis Menjamur

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang hari raya Idul Adha, pedagang kulit ketupat musiman mulai menjamur di Pasar Manis Ciamis, Minggu (16/6/2024).

Selain di Pasar Manis Ciamis, pedagang kulit ketupat juga berjejer di pinggir Jalan Pasar Ciamis.

Keberadaan pedagang kulit ketupat musiman tersebut sudah dari hari Sabtu kemarin, dan hari ini merupakan hari terakhir mereka berjualan.

Salah seorang pedagang kulit ketupat, Eni (49) mengatakan, kalau penjualan kulit ketupat tahun ini ada perbedaan dengan tahun sebelumnya. Kalau tahun ini sepi pembeli.

“Saya itu setiap tahun selalu jualan, tapi tahun ini sepi pembeli. Dari hari kemarin bisa terjual itu hanya sekitar 100 biji kulit ketupat saja,” katanya.

Menurutnya, berbeda dengan tahun sebelumnya. Kalau tahun 2023 lalu ia mampu menjual sebanyak 1.000 kulit ketupat dalam waktu tiga hari di Ciamis.

“Kalau tahun sebelumnya dapat uang itu sekitar Rp 800 ribu sampai Rp 1 juta, tapi sekarang belum terlihat, pembelinya juga sepi,” tuturnya.

Untuk harga sendiri, Eni tidak menarik harga tinggi. Sama dengan harga tahun sebelumnya yaitu Rp 8.000 satu ikat dengan isi 10 biji kulit ketupat.

“Janur nya sendiri saya beli dari orang Ciharalang, Cijeungjing, Ciamis. Kalau harga sama dengan tahun lalu Rp 8 ribu saja,” ucapnya.

Eni menambahkan, kalau dirinya berniat untuk berjualan kulit ketupat di Ciamis sampai nanti malam hari. Mudah -mudahan saja ada peningkatan pembeli.

“Sampai nanti malam, dengan harapan ada peningkatan pembelinya,” pungkasnya. (AA/Djavatoday.com)

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....

Pantauan Harga Minyak Goreng di Pasar Manis Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah melalui Kemendag akan menerapkan HET (harga eceran tertinggi) baru untuk minyak goreng Minyakita. Dari semula Rp 14 ribu menjadi Rp...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya