Senin, Juli 15, 2024

Idul Adha di Momen Hari Jadi Ciamis, Ini Pesan Pj Bupati Engkus

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ribuan warga Ciamis melaksanakan salat Idul Adha di Alun-alun Ciamis, Senin (17/6/2024). Momen Idul Adha kali ini menjadi lebih spesial karena bertepatan dengan Hari Jadi ke 382 Kabupaten Ciamis.

Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna beserta pejabat Pemkab Ciamis juga melaksanakan salat Idul Adha di Alun-alun Ciamis. Imam salat Idul Adha adalah Irfan Fajaruddin dan khatibnya KH Iip Taufiq El Haque.

Pj Bupati Ciamis Engkus Sutisna mengatakan Idul Adha yang juga Idul Kurban, kaum muslimin melaksanakan kurban sebagai kepedulian dan pengorbanan diri serta merawat jiwa sosial untuk sesama.

“Saya mengajak kepada warga Tatar Galuh Ciamis, jadikan momen Idul Adha ini sebagai edukasi untuk mengokohkan kebersamaan dan kepedulian dalam rangka membangun karakter diri dan kepribadian dalam berbangsa bernegara,” ujar Engkus Sutisna.

Engkus menyebut hikmah dari Idul Adha ini adalah sikap Istiqomah, pasrah dan ikhlas. Hal itu tertaman pada nani Ibrohim AS dan putranya Ismail AS untuk berkurban dan berbakti kepada Allah SWT, patut menjadi teladan.

Ibadah kurban merupakan wasilah dalam mencapai ketakwaan. Sedangkan menyembelih hewan kurban adalah simbolis, cara mengendalikan sifat buruk yang ada pada pribadi masing-masing.

“Kemampuan dan keberanian mengendalikan hawa nafsu merupakan bagian dari cermin, sikap pengorbanan. Kita berani bersikap mendahulukan kepentingan bersama si atas kepentingan pribadi dan golongan,” ungkap Engkus.

Engkus mengatakan semangat kurban dapat membangun sikap tolong menolong, gotong royong dan kepedulian. Sehingga tercipta keharmonisan. Ibadah kurban juga diharapkan menopang kesenjangan sosial, hidup berdampingan dengan penuh ketenangan.

“Perayaan Idul Adha tahun ini bersamaan dengan momen Hari jadi yang ke 382 tahun Ciamis. Ini tentunya menjadi anugerah yang dipenuhi dengan keberkahan, keunggulan dan kesejahteraan. Semoga kita semua memperoleh kemudahan dan penuh optimisme dalam mengisi hari-hari mendatang,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Panwascam Panawangan Bentuk Forum Warga Ikut Awasi Pilkada Ciamis 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Panwascam Panawangan bentuk forum warga untuk ikut mengawasi pelaksanaan Pilkada Ciamis 2024. Peran masyarakat untuk mencegah pelanggaran sangat penting demi kelancaran...

Cuaca Tak Menentu, Petani di Ciamis Galau Garap Lahan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Saat ini cuaca tak menentu sulit diprediksi. Hal tersebut membuat petani di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, menjadi galau. Akibat...

Komisi D DPRD Ciamis Bahas Polemik PPDB SMA

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi D DPRD Ciamis telah audiensi dari forum kepala desa (kades) dan orang tua di Kecamatan Banjaranyar terkait polemik pendaftaran peserta...

Petugas BPBD Berhasil Evakuasi Warga yang Masuk ke Sumur di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Ciamis melakukan evakuasi warga yang masuk sumur di Desa Dewasari. Peristiwa tersebut terjadi pada Sabtu (13/7/2024)....
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2

Terpopuler

Lainnya