Rabu, Oktober 27, 2021

Hujan Deras di Ciamis, Sejumlah Bencana Terjadi di Enam Kecamatan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Hujan deras mengguyur di wilayah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat pada Selasa malam (1/6/2021). Akibatnya, sejumlah bencana melanda 6 kecamatan, dari longsor hingga banjir.

Ketua Tagana Ciamis Ade Waluya mengatakan pihaknya mendapat laporan dari anggota di lapangan. Ada beberapa kejadian bencana terjadi di sejumlah Kecamatan, yakni Cipaku, Tambaksari, Rancah, Kawali, Sukadana dan Ciamis.

Baca juga:

“Laporan yang masuk sampai hari ini Rabu (2/6/2021), asa bencana longsor hingga rumah rusak dan jebol. Ada juga banjir akibat volume aliran sungai yang naik,” ujar Ade Waluya.

Beruntung bencana yang terjadi tidak ada laporan korban jiwa. Namun kerugian materil dialami warga karena rumah rusak setelah tertimpa longsor tembok penahan tebing.

“Ada satu rumah yang mengungsi karena kondisinya sudah tidak bisa dihuni lagi. Sampai saat ini kami masih melakukan pendataan rumah rusak akibat bencana setelah hujan deras yang terjadi di wilayah Ciamis. Kami pun membantu masyarakat dalam melakukan evaluasi,” jelasnya.

Selain rumah rusak akibat longsor, sawah rusak akibat tertimbun longsor di Sukadana. Luasnya hingga puluhan hektar area persawahan. Selain terkena longsor, area persawahan di Sukadana pun terendam banjir luapan sungai.

Ade mengimbau kepada masyarakat Ciamis untuk tetap waspada. Menurutnya, hujan deras di Ciamis masih akan terjadi dengan intensitas yang cukup tinggi.

“Tetap waspada, bila ada potensi bencana sebaiknya menghindar dan mengungsi. Terutama rumah yang berada di lereng tebing dan sekitar sungai,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU