Sabtu, Juli 13, 2024

HKP Ke-52 Ciamis, Tingkatkan Kemandirian dan Swasembada Pangan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah Kabupaten Ciamis menggelar kegiatan Hari Krida Pertanian (HKP) ke 52, di Lapangan Desa Langkapsari, Kecamatan Banjaranyar, Senin (08/07/2024).

Kegiatan tersebut terselenggara atas kerjasama Pemerintah Kabupaten Ciamis, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan serta KTNA Kabupaten Ciamis.

Adapun HKP ke 52 tingkat Kabupaten Ciamis itu mengusung tema melalui HKP ke 52 mari kita tingkatkan kemandirian dan swasembada pangan melalui pertanian berkelanjutan.

Lebih dari 1.200 petani dari seluruh kecamatan di Kabupaten Ciamis hadir dalam acara ini. Hal tersebut menjadikannya wujud komitmen bersama untuk mengembangkan sektor pertanian.

Dalam kesempatan tersebut, Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis, Andang Firman Triyadi membuka kegiatan tersebut secara resmi di hadapan para petani Ciamis.

Dalam sambutannya, Andang mengapresiasi peran vital para petani dalam mensukseskan program pembangunan pertanian di Kabupaten Ciamis.

“Dalam momentum HKP ini, kami mengajak seluruh insan pertanian di Kabupaten Ciamis. Agar bersatu padu dalam meningkatkan kemandirian dan swasembada pangan melalui upaya pertanian berkelanjutan,” katanya.

Andang juga menekankan pentingnya melibatkan generasi muda dalam memajukan sektor pertanian melalui adopsi inovasi teknologi.

Acara ini juga menjadi panggung bagi penyuluh pertanian yang berhasil meraih kejuaraan dalam lomba inovasi daerah tingkat Kabupaten Ciamis.

Pemberian penghargaan sebagai bentuk apresiasi atas kontribusi mereka dalam mengembangkan teknologi pertanian yang inovatif.

“Keberhasilan pembangunan pertanian sangat ditentukan oleh pembangunan sumber daya manusianya penyuluh pertanian merupakan ujung tombak dalam pembangunan pertanian,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua KTNA Ciamis, Pipin Arip Apilin mengatakan, Hari Krida Pertanian pada hakikatnya merupakan hari bersyukur.

Sekaligus hari mawas diri serta hari dharma bakti kepada masyarakat atas keberhasilan dalam melakukan kegiatan pertanian selama 1 tahun.

“Melalui peringatan HKP ini saya berharap dapat menumbuh kembangkan budaya agraris pada segenap masyarakat,” ucapnya.

“Agar kegiatan pertanian menjadi salah satu kebanggaan dalam upaya membangun ekonomi nasional yang maju dan sejahtera,” pungkasnya.

Pantauan Harga Minyak Goreng di Pasar Manis Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah melalui Kemendag akan menerapkan HET (harga eceran tertinggi) baru untuk minyak goreng Minyakita. Dari semula Rp 14 ribu menjadi Rp...

Calon Pengantin di Ciamis yang Akan Menikah Harus Setor Tunas Kelapa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Calon pengantin di Ciamis yang akan daftar menikah diimbau untuk menyetorkan atau menyedekahkan 1 pohon tunas kelapa ke KUA (Kantor Urusan...

Pilkada 2024, KPU Ciamis Targetkan 80 Persen Partisipasi Pemilih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis mempunyai target partisipasi pemilih dalam Pilkada Ciamis 2024 diatas 80 persen. Hal itu sebagaimana Kadiv Perencanaan...

5.433 Lansia di Ciamis Dapat Bansos Pemakanan Bergizi Siap Santap

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 5.433 lansia di Kabupaten Ciamis menerima bantuan sosial (bansos) dalam bentuk makanan bergizi siap saji. Bantuan itu dari Kemensos RI...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya