Sabtu, Juli 13, 2024

Hari Jadi Ke-382, Pj Bupati Ciamis Ziarah ke Makam-makam Leluhur Galuh

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dalam memperingati hari jadi Ciamis ke 382, Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna melaksanakan ziarah ke makam-makam leluhur Galuh Ciamis.

Kegiatan yang berlangsung di 6 titik makam-makam leluhur Galuh Ciamis, berjalan khidmat, Senin (10/6/2024).

Pj Bupati Ciamis, Engkus Sutisna mengatakan, kegiatan ziarah ini, selain untuk menghormati para leluhur. Acara ini juga untuk lebih jauh baginya dalam belajar sejarah Ciamis.

“Jadi kalau sisi lain bagi saya yang merupakan orang baru Ciamis itu, yakni untuk belajar tentang sejarah Ciamis lebih jauh,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Ciamis, Dadang Darmawan mengatakan, ziarah ini adalah acara pokok peringati hari jadi Ciamis.

“Jadi ini merupakan acara pokok dalam memperingati hari jadi Ciamis. Setiap tahun juga ada kegiatan ziarah ke makam-makam leluhur,” katanya.

Dadang menyebut, kalau ziarah tahun ini tidak ada bedanya dengan tahun sebelumnya. Karena setiap tahun juga selalu berlangsung di 6 titik makam leluhur.

“Ini makam leluhur yang terakhir di Astana Gede Kawali. Jadi tidak ada yang berbeda, sama saja dengan tahun-tahun yang lalu,” ucapnya.

Dadang berharap, dengan adanya kegiatan ziarah ini bisa memperkenalkan lagi kepada Pj Bupati Ciamis saat ini tentang beberapa makam leluhur pendahulu Galuh Ciamis.

“Jadi intinya kita perkenalkan, bahwa ada beberapa titik makam leluhur pendahulu Ciamis ini yang tadi kita telah ziarah,” pungkasnya. (AA/AA/Djavatoday.com)

Pantauan Harga Minyak Goreng di Pasar Manis Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah melalui Kemendag akan menerapkan HET (harga eceran tertinggi) baru untuk minyak goreng Minyakita. Dari semula Rp 14 ribu menjadi Rp...

Calon Pengantin di Ciamis yang Akan Menikah Harus Setor Tunas Kelapa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Calon pengantin di Ciamis yang akan daftar menikah diimbau untuk menyetorkan atau menyedekahkan 1 pohon tunas kelapa ke KUA (Kantor Urusan...

Pilkada 2024, KPU Ciamis Targetkan 80 Persen Partisipasi Pemilih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis mempunyai target partisipasi pemilih dalam Pilkada Ciamis 2024 diatas 80 persen. Hal itu sebagaimana Kadiv Perencanaan...

5.433 Lansia di Ciamis Dapat Bansos Pemakanan Bergizi Siap Santap

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 5.433 lansia di Kabupaten Ciamis menerima bantuan sosial (bansos) dalam bentuk makanan bergizi siap saji. Bantuan itu dari Kemensos RI...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya