spot_img
Minggu, April 2, 2023
spot_img

Harga Beras di Pasar Manis Ciamis Naik, Pembeli Mengeluh

Berita Ciamis (Djavatoday.com) – Harga Beras di Pasar Manis Ciamis saat ini naik, bahkan mencapai Rp 13.500 per kilogramnya. Hal tersebut, tentu dikeluhkan oleh pembeli.

Salah satu pedagang beras, Iis mengaku, kenaikan harga beras sebenarnya sudah satu Minggu kebelakang, namun kenaikannya secara bertahap.

“Iya, saat ini naik harganya. Sebenarnya sudah lama, tapi tidak sekaligus, jadi secara bertahap naiknya,” ucapnya, Jumat (27/1/2023).

Menurutnya, saat ini harga beras yang pihaknya jual yang tadinya Rp 10 ribu menjadi Rp 11.500, kemudian tadinya Rp 10.500 menjadi Rp 12 ribu, lalu Rp 11 ribu menjadi Rp 12.500.

“Itu beras medium, kalau beras premium itu yang tadinya Rp 12.500 menjadi Rp 13.500 per kilogramnya,” tuturnya.

Iis menjelaskan, untuk penyebab kenaikan harga sendiri itu pihaknya tidak mengetahui secara pasti. Namun, saat awal-awal itu karena panennya kurang.

“Kalau kenaikan harga saat ini saya tidak tahu penyebabnya apa. Namun, kenaikan ini sudah lama, kalau dulu itu karena panennya kurang,” jelasnya.

Iis mengaku dengan kebaikan harga ini omsetnya menurun, pasalnya banyak pembeli yang mengurangi pembeliannya.

“Misalkan yang tadinya beli satu karung sekarang hanya setengahnya, dan seterusnya karena harganya naik,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu pembeli, Yuyu mengeluhkan kenaikan harga beras saat ini. Pasalnya, Ia yang selalu beli beras sebanyak 10 kilogram kini hanya 5 kilogram saja.

“Kini saya kurangi jumlah pembelian, karena menyesuaikan harga saat ini. Karena, masih ada bahan pokok yang harus dibeli jadi bukan beras saja,” pungkasnya. (AA/AA/Djavatoday.com)

Bukit Baros Ciamis: HTM, Camping, hingga Lokasi

Bukit Baros Ciamis merupakan sebuah objek wisata alam sekaligus bumi perkemahan yang letaknya berada di ketinggian. Tempat berkemah yang berlokasi di kaki Gunung Sawal ini resmi beroperasi sejak 2020 oleh Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunaryna. Sejak saat itu, tempat ini makin ramai oleh wisatawan, terlebih penataan tempat ini yang makin rapi menjadi daya tariknya tersendiri. Terutama penataan fasilitas untuk berkemahnya yang berdiri di lahan seluas sekitar lima belas hektare ini.

Disnaker Ciamis Ingatkan Pengusaha Bayar THR Paling Telat H-7 Lebaran

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaker) ingatkan para pengusaha untuk membayar THR (tunjangan hari raya) paling telat pada H-7 lebaran Idul...

Selama Bulan Ramadhan, Bhayangkari Ranting Lakbok Bagikan Takjil

Berita Ciamis (Djavatoday.com) - Bhayangkari ranting Lakbok, Kabupaten Ciamis melaksanakan bagi-bagi takjil kepada pengguna jalan di depan Kantor Polsek Lakbok, Sabtu (1/4/2023). Kegiatan tersebut juga...

Cerita Bupati Diajak Buka Puasa Bersama Makan Pecel di Rumah Warga

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya melaksanakan tarawih keliling bersama istrinya ke beberapa daerah. Ada hal unik setiap perjalanannya, salah satunya Bupati Ciamis...
Dispar Disbud Ciamis

Terpopuler

Lainnya