Sabtu, Juli 13, 2024

Disnakkan Ciamis Melakukan Pemeriksaan Antemortem

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Menjelang hari raya Idul Adha 1445 H, Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis melakukan pemeriksaan Antemortem kepada hewan kurban.

Kali ini, pemeriksaan kesehatan tersebut berlangsung di salah satu kandang di Desa Pamalayan, Kecamatan Cijeungjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (6/6/2024).

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Ciamis, Giyatno mengatakan, untuk pemeriksaan Antemortem sebenarnya sudah berlangsung beberapa hari kebelakang.

“Jadi untuk pemerikasaan Antemortem hewan kurban ini sudah kita laksanakan di 5 kecamatan yang ada di Kabupaten Ciamis,” katanya.

Adapun hasil pemeriksaan itu sendiri, kata dia dari 554 ekor hewan kurban yang telah melakukan pemeriksaan. Untuk yang lolos ada 429 ekor saja.

“Jadi yang tidak lolos itu diantaranya karena belum cukup umur, ada cacat atau tidak sehat, kemudian kurus dan bukan hewan jantan,” imbuhnya.

Menurutnya, pemeriksaan Antemortem ini sebagai upaya pemerintah dalam hal menjamin kesehatan hewan kurban, menjelang hari raya idul adha ini.

“Pemeriksaan Antemortem kepada hewan kurban di Ciamis ini. Tidak hanya kali ini saja, tapi akan berlanjut sampai nanti hari pelaksanaan idul adha,” tuturnya.

Kemudian, lanjut dia, setelah pelaksanaan hari raya idul adha juga, pihaknya akan melakukan pemeriksaan postmortem. Hal itu berkaitan dengan kualitas daging yang higienis.

“Iya nanti setelah hari H, kita akan laksanakan pemeriksaan postmortem lagi. Itu kaitanya dengan kualitas daging yang higienis, serta juga tentang pengelolaanya,” terangnya.

Giyatno juga berpesan kepada masyarakat yang mampu agar dapat berkurban, lalu jika membeli hewan kurban itu yang sudah ada sertifikatnya.

“Kemudian saat pengelolaan nanti, agar dapat pakai wadah untuk yang ramah lingkungan, seperti pakai daun dan juga besek,” pungkasnya. (Ayu/AA/Djavatoday.com)

Pantauan Harga Minyak Goreng di Pasar Manis Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pemerintah melalui Kemendag akan menerapkan HET (harga eceran tertinggi) baru untuk minyak goreng Minyakita. Dari semula Rp 14 ribu menjadi Rp...

Calon Pengantin di Ciamis yang Akan Menikah Harus Setor Tunas Kelapa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Calon pengantin di Ciamis yang akan daftar menikah diimbau untuk menyetorkan atau menyedekahkan 1 pohon tunas kelapa ke KUA (Kantor Urusan...

Pilkada 2024, KPU Ciamis Targetkan 80 Persen Partisipasi Pemilih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ciamis mempunyai target partisipasi pemilih dalam Pilkada Ciamis 2024 diatas 80 persen. Hal itu sebagaimana Kadiv Perencanaan...

5.433 Lansia di Ciamis Dapat Bansos Pemakanan Bergizi Siap Santap

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 5.433 lansia di Kabupaten Ciamis menerima bantuan sosial (bansos) dalam bentuk makanan bergizi siap saji. Bantuan itu dari Kemensos RI...
Kartu Anggota Perpus
Kartu Anggota Perpus
Dirgahayu Bhayangkara
Daftar Perpus 1
Daftar Perpus 2
Dirgahayu Bhayangkara

Terpopuler

Lainnya