Iklan bjb djavatoday
Jumat, Desember 3, 2021
spot_imgspot_img

Disdukcapil Ciamis Buka Layanan Administrasi Kependudukan di Hari Libur

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Meski hari libur, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Ciamis bersama Ditjen Dukcapil Kemendagri membuka layanan administrasi kependudukan.

Seperti pada Minggu (24/11/2021), masyarakat memenuhi kawasan Taman Lokasana Ciamis untuk mendapat pelayanan kependudukan. Dengan memanfaatkan mobil khusus dan saung taman, petugas memberikan pelayanan.

Baca juga:

Umumnya masyarakat pemohon untuk mengurus kartu keluarga, akta kelahiran, KTP elektronik hingga pembaharuan data kependudukan.

“Hari ini kita memberikan layanan administrasi kependudukan saat hari libur, jemput bola. Pertama pada hari libur ini masyarakat libur jadi waktunya lebih banyak dan tidak mengganggu jam kerja. Sehingga bisa mengurus administrasi kependudukan,” ujar Zudan Arif Fakrulloh, Dirjen Dukcapil Mendagri di Taman Lokasana.

Zudan pun mengapresasi Pemkab Ciamis yang memiliki fasilitas lengkap untuk memberikan pelayanan secara mobile. Rata-rata layanan cukup singkat dari pendaftaran sampai selesai membutuhkan waktu sekitar 20 menit.

“Pemkab Ciamis alatnya bagus bisa memberikan layanan rata-rata 20 menit selesai. Masyarakat berkenan menunggu tidak antre lama,” jelasnya.

Zudan pun berharap seluruh daerah bisa meniru Pemkab Ciamis dalam memberikan layanan kependudukan saat hari libur. Kalau pun tidak mobile, ada perpanjangan jam layanan.

“Pemda pun harus perhatikan pegawai Capilduk yang lembur saat libur untuk uang lemburnya. Berikan perhatian kepada instansi kependudukan pencatatan sipil,” katanya.

Sementara itu, Sekdis Capilduk Tini Lastiniwati mengatakan pihaknya rutin menggelar layanan administrasi kependudukan secara mobile ini. Terutama saat momen-momen tertentu di tempat keramaian saat ada kegiatan masyarakat. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU