Selasa, Oktober 26, 2021

Capaian Vaksinasi Ciamis Rendah, Ini Kata Dinas Kesehatan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Capaian vaksinasi Covid-19 Ciamis masih rendah bahkan untuk wilayah Provinsi Jawa Barat. Hingga saat ini persentase untuk dosis pertama sekitar 31 persen atau 209.626 orang. Sementara dosis kedua baru 11 persen. Target warga Ciamis yang harus vaksinasi sebanyak 998.328 orang.

Data tersebut mencatat berdasarkan pelaksanaan vaksinasi di Ciamis. Sedangkan untuk total warga berKTP Ciamis yang sudah vaksinasi sebanyak 463.743 orang. Dengan rincian, dosis pertama sebanyak 298.536 orang sekitar 29 persen sedangkan dosis dua sebanyak 161.405 orang.

Baca juga:

“Capaian vaksinasi Ciamis rendah itu karena ketersediaan vaksin yang terbatas. Kiriman vaksin dari pusat kurang dari target,” ungkap Yoyo, Kadinkes Ciamis, Rabu (29/9/2021).

Yoyo menegaskan kendala bukan pada tenaga vaksinator. Namun lebih kepada terbatasnya vaksin, sehingga tidak bisa melakukan percepatan vaksinasi.

“Kami sebetulnya sangat siap, hanya saja vaksinnya terbatas setiap kali ada kiriman langsung kami kirim ke PKM untuk melaksanakan vaksinasi,” jelasnya.

Sementara, Kabid P2P Dinkes Harun Al Rasyid menambahkan selama ini pelaksanaan vaksinasi berjalan aman dan lancar. Hanya untuk kiriman vaksin dari pusat maupun provinsi ke Ciamis masih terbatas.

Dinkes pun berupaya agar kiriman vaksin terus datang dengan jumlah besar baik ke provinsi maupun pusat. Agar percepatan vaksinasi dapat terlaksana.

“Kalau vaksinnya tersedia kami bisa melakukan vaksinasi sampai 10 ribu lebih per hari. Kalau saat ini rata-rata sampai 7.500 dosis saja,” jelasnya.

Harun pun mengatakan antusiasme warga Ciamis untuk vaksinasi sangat tinggi. Terlebih warga saat ini banyak yang membutuhkan surat vaksin untuk berbagai keperluan.

Supaya capaian vaksinasi Ciamis tinggi pihaknya berharap agar mendapat tambahan pasokan vaksin Covid-19. (Ayu/CN/Djavatoday)

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU