spot_img
Minggu, Juli 3, 2022
spot_img

Aturan Nama di Dokumen Kependudukan, Ini Penjelasan Disdukcapil Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Mendagri Tito Karnavian menandatangani Permendagri Nomor 73 Tahun 2022 tentang Pencatatan Nama di Dokumen Kependudukan, 21 April lalu. Dalam aturan ini penulisan nama pada dokumen kependudukan tidak boleh melebihi 60 huruf atau karakter, dan paling sedikit 2 kata.

Terkait pemberlakuan Permendagri tersebut di daerah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Ciamis akan berkomunikasi dengan Kemendagri. Hal ini untuk mengetahui secara detail tentang aturan itu.

“Kita akan ke Jakarta, Senin nanti, untuk kordinasi (dengan Kemendagri). Kita ingin ada kejelasan,” kata Sekretaris Disdukcapil Kabupaten Ciamis, Tini Lastiniwati saat ditemui di Kantor Bappeda Ciamis, Selasa (24/5/2022).

Kejelasan tersebut, menurut Tini, salah satunya bila ada nama yang lebih dari 60 huruf dan kurang dari dua kata. Menurut Pasal 4 dan 5 di Permendagri tersebut, bila mendapati hal tersebut harus menyelesaikannya ke pengadilan.

“Kita akan nanya detail ke sana, petunjuk pelaksanaannya seperti apa,” jelas Tini.

Setelah menerima Permendagri 73 tersebut, Tini mengatakan, pihaknya belum mensosialisasikan kepada warga. Pihaknya baru menyampaikan sebatas imbauan-imbauan mengenai aturan nama di dokumen kependudukan tersebut.

“Baru menerima informasi Jumat minggu kemarin. Biasanya suka ada tenggang waktu untuk sosialisasi peraturan baru,” kata Tini.

Terkait nama yang masih satu kata sebelum diberlakukannya Permendagri 73, Tini mengatakan, hal itu bisa tetap digunakan. “Nama sebelumnya tetap berlaku,” katanya. (Ayu/CN/Djavatoday)

20 Ribu Masyarakat Eks Kwadanaan Kawali Ciamis Ikuti Jalan Sehat

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 20 ribu lebih masyarakat Eks Kwadanaan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, tumpah ruah mengikuti Jalan Sehat, Sabtu (2/7/2022). Jalan Sehat ini...

Beli BBM Subsidi Daftar MyPertamina, Organda Ciamis Ancam Mogok

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sekretaris DPC Organda Ciamis Ekky Brata Kusuma ancam akan mogok dengan adanya aturan daftar pada MyPertamina untuk membeli BBM Bersubsidi. Menurut...

Diskominfo Ciamis Ajak Masyarakat untuk Pintar Menggunakan Medsos

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Perkembangan zaman dan digitalisasi tak bisa lagi dihindari. Pada era media sosial ini banyak berita hoaks atau bohong bermunculan di berbagai...

Pendaftaran MyPertamina Dimulai, Warga Ciamis Kesulitan Mendaftar

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pertamina mulai membuka pendaftaran aplikasi MyPertamina untuk penerima BBM bersubsidi. Salah satu daerah yang akan menerapkannya adalah Kabupaten Ciamis, Jawa Barat,...
- Advertisment -spot_img

Terpopuler

Lainnya