Rabu, Oktober 27, 2021

5 Cara Menghentikan Cegukan Selain Minum Air

Cegukan adalah kontraksi pada otot diafragma yang terjadi secara tiba-tiba. Cara yang paling manjur untuk menghentikan cegukan bisa dengan meminum air putih. Tapi pada saat-saat tertentu, kamu tidak bisa minum air dikarenakan kondisi yang tidak memungkinkan, atau mungkin pada hari itu kamu sedang berpuasa. Lalu bagaimana cara menghentikan cegukan selain dengan minum air?

Tahan napas

Metode menahan napas ternyata ampuh untuk mengatasi cegukan ketika kamu sedang tidak bisa minum karena berbagai hal atau alasan. Caranya tarik napas dalam-dalam, lalu tahan selama sepuluh detik kemudian hembuskan pelan-pelan. Ulangi cara ini sebanyak 3 atau 4 kali.

Menggunakan kantong plastik

Baca juga:

Metode bernapas dengan mengunakan kantong plastik ternyata bisa menjadi salah satu cara untuk menghentikan cegukan selain dengan meminum air.

Untuk melakukan metode ini, kamu bisa menutupi area mulut dan hidung dengan kantong kemudian bernapaslah selama beberapa detik dalam kantong tersebut. Dengan begitu, kamu akan mengumpulkan karbon dioksida yang nantinya kamu hirup kembali  untuk membuat otot perut menjadi lemas dan menghentikan kontraksi.

Memijat ulu hati

Metode selanjutnya yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi cegukan adalah dengan melakukan pijatan pada area ulu hati. Berikan tekanan pada bagian tersebut dengan pijatan lembut selama kurang lebih 20 sampai 30 detik. Dengan begitu, otot-otot perut serta diafragma akan menjadi lebih rileks dan pada akhirnya cegukanmu akan berhenti.

Memeluk lutut

Cara selanjutnya yang bisa kamu coba adalah dengan mengambil posisi duduk sambil memeluk lutut. Kemudian cobalah untuk bernapas dalam posisi tersebut secara perlahan. Dengan melakukan posisi seperti ini, kamu akan menekan dan menahan otot perut serta diafragma untuk berkontraksi sehingga beberapa saat kemudian cegukanmu akan menghilang.

Memijat telapak tangan

Salah satu cara praktis untuk menghentikan cegukan selain minum air adalah dengan melakukan pijatan pada telapak tangan.

Cara ini akan membuat otot saraf yang mengontrol otot perut kamu menjadi lebih rileks. Caranya, berikan tekanan yang sedikit keras pada area di antara jari telunjuk dan ibu jari dan lakukan beberapa kali sampai cegukanmu berhenti. (Willy/Djavatoday)

Baca juga : 5 Kombinasi Jus Buah Mengenyangkan untuk Ibu Hamil

ARTIKEL TERKAIT

BERITA TERBARU