Senin, September 30, 2024

Ratusan Warga Ikuti Tradisi Merlawu di Situs Kabuyutan Gandoang Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Ratusan warga Desa Wanasigra, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, mengikuti Tradisi Merlawu di Situs Kabuyutan Gandoang, Jumat (6/10/2023).

Tradisi ini digelar setiap tahun dalam Bulan Rabiul Awal sebagai bentuk rasa syukur kepada sang pencipta atas nikmat hasil bumi yang telah diberikan. Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan Kepala Disbudpora Ciamis Erwan Darmawan turut menghadiri tradisi Merlawu.

Tradisi Merlawu Situs Kabuyutan Gandoang ini biasa dilaksanakan pada hari Kamis dan Jumat pada bulan Rabiul Awal. Tradisi ini sebagai ucapan terima kasih kepada tokoh Wanasigra yakni Syekh Padamatan yang telah berjasa bagi Desa Wanasigra.

Prosesi tradisi diawali dengan dengan mengganti pagar makam Syekh Padamaran di Situs Gandoang atau istilahnya Ngarangki. Selanjutnya prosesi Nyiraman Benda Pusaka di Bumi Pakuncen.

Malam sebelum hari kegiatan, panitia melakukan pawai keliling desa untuk mengabarkan Tradisi Merlawu akan dilaksanakan esok hari.

Puncak dari Tradisi Merlawu ini warga berkumpul di Situs Gandoang melaksanakan berdoa dan tawasul dengan mengelilingi Makam Syekh Padamaran. Kemudian diakhiri dengan makan bersama di area situs dari bekal yang dibawa dari rumah.

Uniknya, ada syarat yang harus dipatuhi ketika. memasuki lokasi makam Syekh Padamatan. Setiap warga harus menanggalkan alas kaki. Semua sepatu, sandal dan sejenisnya harus disimpan di pintu masuk. Hal tersebut merupakan sebagai bentuk penghormatan.

“Ini merupakan tradisi rutin masyarakat Desa Wanasigra. Tradisi sebagai bentuk rasa syukur kepada yang maha kuasa. Mereka berkumpul di Situs Gandoang ini dan mendoakan para leluhur yang telah wafat. Berkah mensyukuri nikmat yang telah diberikan,” ujar Bupati Ciamis Herdiat Sunarya.

Herdiat berpesan kepada masyarakat untuk tetap menjaga dan memelihara Situs Gandoang dan tradisinya. Situs Gandoang merupakan peninggalan leluhur yang perlu dijaga untuk diwariskan kepada generasi penerus.

“Budaya ini harus terus dipelihara. Alhamdulillah sangat membanggakan, warga Wanasigra dengan penuh kesadaran merawat situs ini,” ungkapnya. (Ayu/CN/Djavatoday)

Festival Kopi Rajadesa Ciamis, Antara Budaya dan Cita Rasa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Festival Kopi Rajadesa Ciamis, Art and Culture kembali digelar yang kelima kali. Kegiatan ini berlangsung pada 26-28 September 2024 di Lapangan...

Nadhif Raffa Zavier, Bocah dari Ciamis Jadi Jawara di Kejuaraan Silat Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nadhif Raffa Zavier (6) pesilat cilik asal Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menjadi juara dalam Kejuaraan Silat Terbuka Piala Kasad ke-2 2024...

Respons Cabup Herdiat Lawan Kotak Kosong di Pilbup Ciamis 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan Yana D Putra akan melawan kotak kosong di Pilbup Ciamis 2024....

Mengenal Rumah Naskah Nusantara Ciamis, Upaya Digitalisasi Manuskrip Kuno

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berbagai cara dilakukan dalam upaya melestarikan dan menjaga warisan peninggalan zaman dulu, terutama yang mengandung sejarah. Seperti yang dilakukan Gunari Putra...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya