Minggu, September 29, 2024

Bupati Ciamis Sebut Potensi Zakat ASN Luar Biasa Jika Dioptimalkan

Berita Ciamis (Djavatoday.com) – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menyebut bahwa potensi zakat, infak, sodaqoh ASN jika dapat dioptimalkan akan sangat membantu kesejahteraan masyarakat.

Hal itu Herdiat sampaikan dalam acara pembinaan aparatur kecamatan dan desa se Kecamatan Banjarsari dan Kecamatan Banjaranyar.

Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Dakwah Kecamatan Banjarsari, Senin (25/09/2023).

Herdiat menegaskan bahwa salah satu kewajiban seorang muslim adalah mengeluarkan zakat, baik zakat mal maupun zakat profesi termasuk dengan para ASN.

“harus ingat bahwa dalam setiap rezeki atau harta yang kita dapatkan itu terdapat hak orang lain yang membutuhkan,” ucapnya.

Oleh karena itu, Herdiat dengan tegas mewajibkan seluruh ASN untuk mengeluarkan sebagian hartanya baik berupa zakat, infak maupun shodaqoh.

Herdiat menerangkan bahwa jika semua masyarakat termasuk ASN menyalurkan zakat, infak maupun shodaqoh maka akan peroleh senilai dengan APBD setiap tahunnya.

“Jika dapat terkelola dengan baik tentu dari zakat ini akan membantu kesejahteraan masyarakat terutama bagi mereka yang membutuhkan,” terangnya.

Apalagi, kata Herdiat, saat ini hampir setiap Desa maupun kecamatan sudah ada UPZ sehingga memudahkan masyarakat.

“UPZ saat ini sudah ada hampir di seluruh desa, maka jika ada yang masih belum segera bentuk agar dapat membantu lagi masyarakat yang membutuhkan,” katanya.

Wakil Ketua II BAZNAS Ciamis, Iif Taufik El Haque mengatakan adanya program unggulan Baznas Ciamis seperti Ciamis Peduli, Ciamis Sejahtera.

Kemudian Ciamis Cerdas, Ciamis Sehat dan Ciamis Agamis telah membantu mensejahterakan masyarakat, mengubah Mustahiq menjadi Muzakki.

“Terlebih dengan adanya Perbup, zakat, infak ASN yang tadinya 17 persen sekarang mencapai 38 persen dari jumlah ASN,” ucapnya.

“Sesuai ketentuan agama, zakat infak ASN saat ini sudah tersebar hampir di seluruh desa,” pungkasnya. (Ayu/AA/Djavatoday.com)

Festival Kopi Rajadesa Ciamis, Antara Budaya dan Cita Rasa

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Festival Kopi Rajadesa Ciamis, Art and Culture kembali digelar yang kelima kali. Kegiatan ini berlangsung pada 26-28 September 2024 di Lapangan...

Nadhif Raffa Zavier, Bocah dari Ciamis Jadi Jawara di Kejuaraan Silat Nasional

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Nadhif Raffa Zavier (6) pesilat cilik asal Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menjadi juara dalam Kejuaraan Silat Terbuka Piala Kasad ke-2 2024...

Respons Cabup Herdiat Lawan Kotak Kosong di Pilbup Ciamis 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pasangan calon Bupati dan wakil Bupati Ciamis Herdiat Sunarya dan Yana D Putra akan melawan kotak kosong di Pilbup Ciamis 2024....

Mengenal Rumah Naskah Nusantara Ciamis, Upaya Digitalisasi Manuskrip Kuno

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Berbagai cara dilakukan dalam upaya melestarikan dan menjaga warisan peninggalan zaman dulu, terutama yang mengandung sejarah. Seperti yang dilakukan Gunari Putra...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya