Sabtu, September 28, 2024

Hadiri Kegiatan IPHI, Bupati Ciamis: Halal Bihalal Salah Satu Budaya Bangsa Indonesia

Berita Ciamis (Djavatoday.com) – Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya menyebut halal bilhalal merupakan salah satu budaya bangsa Indonesia yang patut dibanggakan karena tujuannya untuk mensucikan diri.

Hal tersebut Herdiat ungkapkan saat sambutan pada kegiatan halal bihalal Keluarga Besar Ikatan Persaudaraan haji Indonesia atau IPHI Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis.

Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung Dakwah Kecamatan Sadananya, Minggu (7/5/2023).

Pada kesempatan tersebut, Herdiat mengatakan, IPHI itu merupakan organisasi yang besar dan anggotanya mencapai ratusan bahkan sampai jutaan.

“Insya Alloh dengan banyaknya anggota IPHI bisa menjadi kekeuatan jika semuanya bersatu, terutama dalam meningkatkan keimanan dan ketakwaan,” kataaanya.

Bupati Ciamis menuturkan, halal bihalal ini merupakan salah satu budaya bangsa Indonesia yang tujuannya untuk mensucikan diri antara sesama umat manusia.

“Jadi halal bihalal ini merupakan perekat untuk menyiapkan persatuan dan kesatuan, jika mulai dengan niat yang bersih Insya Alloh berkah bagi semuanya,” ucapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Herdiat menghimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan hati-hati akan cuaca ekstrem yang melanda Ciamis.

“Saat ini sering terjadi hujan deras, angin kencang maka dari itu kita harus waspada, karena banyak sekali bencana,” imbuhnya.

Akibat adanya cuaca ekstrim tersebut dalam semalam ada lebih dari 20 titik banjir, longsor, pergerakan tanah di beberapa daerah.

Menurutnya, adanya musibah ini sebagian besar karena ulah tangan manusia yang rakus dan serakah terhadap alam.

“Kebanyakan bencana dan musibah ini sebabkan ulah manusia, manusia terkadang rakus luar biasa, pohon-pohon tebang termasuk di Gunung Syawal,” tuturnya.

Herdiat menambahkan, Pemda Ciamis telah mengajukan kepada Pemerintah Pusat agar hutan Gunung Syawal dapat jadi salah satu hutan Konservasi. (Ayu/AA/Djavatoday.com)

Lansia Tewas Tersambar Kereta Api di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Seorang lansia yang diduga pikun, Madrasum (76) tewas tersambar kereta api, Jumat (27/9/2024) pagi. Warga Dusun Cibodas, Desa Cintaratu, Kecamatan Lakbok,...

Anggota Satlantas Polres Ciamis Bantu Dorong Mobil Warga yang Mogok di Tengah Jalan

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Anggota Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Ciamis membantu mendorong mobil milik warga yang terhenti di tengah jalan karena mogok di Jalan...

Begini Penjelasan KPU Soal Kampanye Kotak Kosong di Pilbup Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pilbup Ciamis hanya diikuti oleh calon tunggal yakni pasangan Herdiat-Yana yang akan melawan kotak kosong. Kemudian apakah kotak kosong boleh dikampanyekan? Komisioner...

Pertama Kali Kompetisi Panahan Malam Hari di Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Untuk pertama kalinya, kompetisi panahan dilaksanakan pada malam hari bertajuk Nock-Turnal League #1 2024. Event ini untuk memberikan nuansa baru bagi...
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut
TBM Cibeber
KPU Banjar - Nomor Urut

Terpopuler

Lainnya