Minggu, September 22, 2024

Pemudik Bisa Singgah Istirahat di Mapolsek Sepanjang Jalur Mudik Ciamis

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Jajaran Polres Ciamis terus melakukan persiapan demi lancarnya pelaksanaan mudik atau Operasi Ketupat Lodaya 2023. Polres Ciamis pun membolehkan pemudik untuk singgah di Mapolsek yang ada di sepanjang jalur mudik hanya sekadar untuk istirahat.

Sekadar informasi, Ciamis merupakan salah satu tempat favorit pemudik beristirahat. Mengingat sebelumnya pemudik telah menempuh medan jalan yang cukup berat.

Kapolres Ciamis AKBP Tony Prasetyo Yudhangkoro mengatakan telah meminta para Kapolsek untuk memfasilitasi pemudik yang hendak beristirahat di Polsek. Terutama untuk toilet, tempat istirahat atau sekadar mengisi daya ponsel.

“Kalau ada pemudik yang akan beristirahat di Polsek maupun Polres Ciamis ya tentu pasti boleh. Malah aman bagi mereka. Mau untuk istirahat kami persilahkan,” ungkap Kapolres Ciamis.

Sedikitnya ada 7 Polsek dan 1 Mapolres Ciamis yang bisa dipakai pemudik untuk istirahat sepanjang jalur mudik. Dari mulai Polsek Cihaurbeuti, Polsek Cikoneng, Polres Ciamis, Polsek Ciamis, Polsek Cisaga dan Polsek Banjarsari, Polsek Kawali dan Polsek Panjalu.

Kapolres Ciamis pun kini mulai mendirikan sejumlah posko dsepanjang jalur mudik dalam pelaksanaan Operasi Ketupat Lodaya 2023. Yakni 3 Pos Pelayanan, 5 Pos Pengamanan dan 3 Pos Gatur. Mulai dari Cihaurbeuti, Sindangkasih, Alun-alun Ciamis, Kawali, Cisaga dan Banjarsari.

“Untuk pembangunan pos sudah berjalan. Sedangkan untuk operasionalnya menunggu instruksi dari Mabes Polri tentang berlakunya operasi ketupat,” ungkapnya.

Banyak jalan Ciamis yang bisa dilalui untuk mudik. Hanya saja Berdasarkan arahan dari Polda Jabar, penggunaan jalur alternatif hanya pada waktu siang saja. Hal tersebut kaitan dengan masalah penerangan jalan pada malam hari.

“Jalur alternatif itu masih minim penerangan dan juga petunjuk arah. Juga dari hasil analisa diperoleh prediksi bahwa arus balik akan lebih tinggi dari pada arus mudik sehingga perlu perhatian lebih,” pungkasnya. (Ayu/CN/Djavatoday)
.

4.168 Linmas Siap Diterjunkan Amankan Pelaksanaan Pilkada Ciamis 2024

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Sebanyak 4.168 anggota satuan perlindungan masyarakat (Linmas) di Kabupaten Ciamis, siap diterjunkan untuk mengamankan pelaksanaan Pilkada Ciamis 2024. Dari jumlah tersebut...

Pastikan Hak Pilih Terjamin, KPU Ciamis Menyediakan Posko Pelayanan Pindah Memilih

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- KPU Kabupaten Ciamis menyediakan posko pelayanan pindah memilih yang berada di Sekretariat KPU Ciamis, Sabtu (21/9/2024). Koordinator Divisi Data dan Informasi KPU...

Tradisi Merlawu Situs Kabuyutan Gandoang, Pj Bupati Ciamis: Rawat Kearifan Lokal

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Masyarakat Desa Wanasigra, Kecamatan Sindangkasih, Kabupaten Ciamis, kembali menggelar Tradisi Merlawu di Situs Kabuyutan Gandoang, Jumat (20/9/2024). Pj Bupati Ciamis Engkus...

Partisipasi Pemilih Pilbup Ciamis Ditargetkan Lebih dari 80 Persen

Berita Ciamis (Djavatoday.com),- Pilbup Ciamis hanya diikuti oleh satu pasangan calon. Ada kekhawatiran angka partisipasi pemilih di Pilbup Ciamis 2024 ini turun. Meski demikian,...
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber
TBM Cibeber

Terpopuler

Lainnya